Tuesday, May 8, 2012

Traveling is delicious!!!

Pantai Alue Naga, 060612

So, tanah air, I am back.. it wasn't a long trip, tapi yang namanya traveling itu, pendek sekalipun, percaya atau tidak, selalu delicious. Why? Jawabannya ada dalam Al Quran :

"Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezki yang banyak.” (QS. an-Nisa: 100)

Sebagai khalifah yang diutus di muka bumi, manusia tak pernah bisa sendiri, selalu memerlukan orang lain untuk menjalankan misi-misinya. Dan demi memantain hubungan baik sesama manusia itulah, Rasulullah menyuruh kita untuk menjaga silaturahim.

Beliau mengatakan, “Di antara pintu-pintu rizki adalah silaturrahim.” Rasulullah bersabda, “Siapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya) maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturrahim.” (HR. al-Bukhari, no.5985)

So?? Traveling atau hijrah itu sesungguhnya adalah fitrah manusia, manusia sejatinya juga adalah benda, yang terdiri dari ion-ion dan inti atom, sudah fitrahnya ion itu selalu bergerak dan atom itu bertawaf mengelilingi inti atom, tak pernah diam. Itulah sebabnya manusia ini senang sekali bergerak, kesana kemari, melakukan ini itu dan tak betah berdiam diri, dan traveling salah satu diantaranya. Aku teringat pada satu quote yang baguss sekali. Bunyinya "go travel, get lost makes you find yourself".

Menurut pengalaman nih, quotes itu bukanlah omong kosong. Traveling membuat kita lebih bersyukur, mengenal lebih banyak manusia dan karakternya, membuka mata hati dan fikiran kita bahwa ciptaan Allah ini sangatlah luas, lebih dari sekedar keluarga atau kota kita saja. Karakter manusia ini bermacam-macam, tak kan mampu fikiran kita mencerna semuanya, namun dengan berhijrah, mau tak mau kita akan terbiasa hidup dalam lingkungan yang hidrogen, sehingga perbedaan tidak terlalu terasa menyiksa. Berhijrah, dan menjalin silaturrahmi bukan berarti kita harus melebur dengan budaya setempat yang mungkin beberapanya tak sesuai dengan adat, budaya atau keyakinan kita. Namun traveling memungkinkan kita untuk bisa lebih faham arti perbedaan dan menghormati perbedaan itu.

Membaur bukan berarti melebur, memahami bukan berarti menyetujui, menghormati bukan berarti mengimani.

So??? go!!!! grab your backpack and go travel!! Pergilah, jelajahi dunia, pelajari alam, kumpulkan setiap mozaik yang kau temui dalam perjalananmu, susun mozaik-mozaik itu dalam sebuah kisah, dan lahirkan kepatuhanmu akan Tuhan dari situ. Sungguh sesungguhnya alam ini sangatlah luas, ciptaan Allah sangat beragam, isi kepala manusia tak sama. Pergilah, bukalah peta, cari jati dirimu diluar sana, jalinkan silaturahmi dengan sebanyak-banyaknya orang, pupuk pemahamanmu akan Tuhan dari setiap perjalanan.

I haven't travel so much, belum terlalu banyak, tapi suatu hari nanti, akan kujelajahi dunia. Akan kutinggalkan jejakku pada setiap bumi Allah, akan kuperkenalkan diriku pada dunia. One day, sendiri atau berdua, atau bertiga, atau berempat, akan kugali ilmu Allah yang tersebar, akan kusebarkan kebaikan di setiap langkahku.

Kupinta padamu Allah, mudahkan rezeki ku, panjangkan usiaku dengan umur yang bermanfaat, berkahi aku dengan teman hidup yang sekufu, agar dapat kujalankan amanahMu untuk berhijrah.

Amin ya Rabb..
Postgraduate colloquium, Malaysia, December 2010

From one of friend I "discovered" during my trip.  Thanks for the scarf Nik :-)

 

Uluwatu, Bali, Indonesia

Changi airport, Singapore

Manila Bay, Philiphine

One hotel in Pampanga


*Didedikasikan untuk semua sahabatku, yang ingin berhijrah namun masih terkendala, yang sedang berhijrah, yang akan segera berhijrah dan yang aku temukan selama masa-masa berhijrah... 

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com