Tuesday, April 10, 2012

Nama Belakang

Fiuhh.. akhirnya sampai juga di kantor, di tempat aku bisa menulis sebelum kerjaan dimulai. Aseekk.. Yang aku tulis kali ini sebenarnya hasil khayalanku semalam suntuk, yang membuatku ga tidur-tidur sampe jam 2, dan mengakibatkan aku shalat subuh jam 7 siang. Ya Allah.. ampuuunnn..

Kenapa aku ga punya nama belakang?? Kalo aku punya nama belakang, apa ya bagusnya? Nah pertanyaan itulah yang menghantui *halah fikiranku semalaman plus setengah pagian. Gara-garanya, nonton How I Met Your Mother, ketika Lily bingung memutuskan apakah setelah menikahi Marshal, dia akan mengganti nama belakangnya atau tetap memakai nama keluarganya.

INTAN MAULIDA. Udah cukup memadai lah untuk ukuran orang Indonesia yang memang ga semuanya terbiasa memakai nama belakang. But, aku baca sebuah hadist, yang intinya adalah memuliakan nasab. Salah satu caranya adalah memakai nama ayah dibelakang nama kita. Sangat masuk akal sebenarnya, secara waktu kecil dulu, kalo ada temanku yang ga sengaja (ato sengaja) memecahkan jendela seseorang, trus yang empunya jendela keluar, dan bertanya:

Empunya jendela   : Heh, siapa nama kamu anak nakal?
Temenku               : Heejun (contoh..)
Empunya jendela   : Anak siapa kamu????
Temenku              : Anak Pak Ramli.. (bokiiss)

Heeeeiiiiii... Pak RAmli itu kan Bapak guee.. Nah di kasus-kasus seperti itulah menurutku, family name sangat diperlukan. Makanya aku kagum sama kebiasaan orang Melayu, baik di Indonesia, Malaysia ato dimana saja, yang meletakkan nama ayahnya di belakang namanya. Agar jelas nasabnya dan memberi kemuliaan pada ayahnya. Gitu kata hadist yang kubaca. Aku pernah nyobain pasang nama Ayahku pas lagi ganti profile Skype. Intan Maulida Ramli. Dan 5 komen pertama yang aku terima berbunyi : Waahh.. Intan udah nikah ya.. selamat ya.. Bang Ramli tu kerja dimana? Kapalo...

So, kenapa aku ga punya nama belakang?? Mungkin karena aku adalah orang Indonesia kebanyakan, dimana nama belakang ga terlalu penting untuk dipublish karena memang ga ada yang kenal. Hehehe.. bayangkan kalo aku anaknya Bakrie, secara menantunya aja rela mengganti nama belakangnya dengan family name Papa mertua, walopun sebenarnya itu dilarang dalam Islam karena bisa mengaburkan nasab.Btw, sekarang-sekarang ini , dengan nama dua suku yang aku miliki, aku males nulis inisialku. Kalo orang-orang kan nulisnya IR, atao FR, atau kayak temenku TG (Trisha Gustania) kan bisa dipanggil Tiji..Tiji..kesannya sangat mengagumkan. Lah ini, IM, orang manggilnya Iyem..Iyem.. gitu. Hadeehh..

Kalo aku punya nama belakang, aku pengennya nama itu adalah nama yang keren, sehingga ketika aku menulis inisialku untuk para penggemar buku-buku karyaku (amiinn), aku bisa menulisnya dengan pede. Contoh : IMF. Kan keren tuh, kayak nama gudang duit. Tapi aku ga bisa pasang huruf F karena ayahku bukan pak Famli. Kalopun nanti suamiku namanya F (Fetuccini??) aku ga bisa pasang nama itu jadi nama belakang karena dia bukan ayahku.

Kemudian aku berfikir lagi, bagaimana kalau aku pakai nama pena? aku rasa rata-rata penulis punya nama pena. Aku bisa bikin nama pena yang kereeennn... Misalnya Aisha Rawararay. Baru saja aku senang memperoleh nama itu, aku tersentak lagi, masalahnya sekarang adalah, aku ni pelupa sangat kalo urusan nama, sedangkan aku menyimpan semua data mengenai orang-orang, baik daerah asalnya, keluarganya, kerjaannya, kenal dimana, tu smua dari namanya. Kalo diistilahkan, nama bagi otakku  adalah seperti thumbnail pada blog. Kalo lupa nama, lupalah semua. Dan itu udah kejadian di hari Minggu beberapa minggu yang lalu, ketika aku sama sepupuku lagi pengajian rutin di masjid Oman. Waktu itu aku baru seminggu pulang dari Brastagi untuk team building sama semua staff Muslim Aid di seluruh Indonesia. Abis shalat Ashar, muncullah sesosok kakak-kakak yang wajahnya familiar tapi aku ga tau namanya siapa.

Kakak Misterius   : Heiiiii Intaaannnn... Apa kabarrrrrrr...
Aku                      : Hei kakaaakkk.. kabar baek alhamdulillah, kakak makin cakep aja *sumpah sok kenal
Kakak Misterius   : Makasih. lagi ngapain dek?
Aku                      : Liqo' kak, lagi nungguin Murabbi nya dateng.. kakak abis dari mana? *mancing #1
Kakak Misterius   : Abis dari kampus..
Aku                     : Ooo.. Mau kemana abis ni kak? *mancing #2, yg pertama gagal.
Kakak Misterius   : Mau pulang lah.. Intan dimana sekarang?? *maksudnya tinggal dimana
Aku                     : Intan kerja di Muslim Aid kak.. *salah faham
Kakak Misterius  : Ya tau laaahhhh.. kan minggu lalu kita satu kelompok pas team building

Gubraakkkkk.. kawan kantor rupanya.. gubrak gubrakk..

Nah, dari kejadian itu, aku menyimpulkan bahwa mungkin aku ga usah punya nama pena, karena kalo nama orang sekantor aja aku lupa, berarti besar kemungkinan aku juga bisa lupa nama penaku. Duh kawan, sungguh rumit dan membingungkan urusan nama belakang ini. Wajar kan aku insomnia memikirkannya?

Tapi setelah merenung, aku fikir mungkin ide tentang aku yang ga punya nama belakang adalah ide bagus, aku memilih untuk tidak menyingkat namaku untuk keperluan apapun, karena pilihanku cuma ada dua: rela dipanggil Iyem, atau pake singkatan "IMR", yang kayak susunan acak dari sebuah prosedur pemeriksaan orang sakit.

Yah.. gitulah.. rencana Allah selalu yang paling bagus..

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com