Wednesday, April 4, 2012

Tragedi Poto Passport

Demi memperpanjang masa berlaku passportku, pada suatu hari yang mendung gulita (sebenarnya ga memenuhi syarat untuk ditambahkan kata "gulita" karena ga gelap-gelap banget, tapi ya udah lah, anggap aja kosakata baru), daku pergi ke kantor imigrasi untuk memenuhi panggilan pemotretan (halah bahasanyaaaaa)..  Sebenarnya hari itu aku emang lagi rada-rada gedek sama imigrasi, secara prosedur, persyaratan, sama biaya memperpanjang passport persis sama kayak bikin passport baru. Padahal kan mestinya ga gitu ya? Anyway, aku menghabiskan hampir setengah harian itu untuk ngobrol masalah prosedur ini sama temen-temenku, ngobrolnya mencakup adegan saran, kritik dan sedikit ngomel-ngomel.

Singkat kata singkat cerita, aku nebeng mobil kantor yang kebetulan pergi kearah yang sama, dan diturunkan di kantor imigrasi.Sesampainya disana, aku ngantri tunggu giliran buat dipoto. Pas ngantri itu aku ketemu sama salah satu dosenku yang juga nunggu giliran buat dipoto. Akhirnya nomorku dipanggil. Dalam proses verifikasi data sebelum foto, aku denger ada yang manggil namaku. Ternyata itu temen SD ku, udah hampir 20 taon ga ketemu dan dia sekarang bekerja di kantor imigrasi. Jadi di ruangan itu ada tiga petugas, tukang poto yang sebut saja namanya Bang B, Kak A dan Temen SDku yang bertindak sebagai pewawancara.

Kak A     : Silahkan Intan duduk dikursi di depan saia
Intan        : Baeklah.. (dengan senyuman khas banci poto)
Kak A     : Kita mulai ya.
Intan        : *Pasang muka senyum andalan selebar tampah
Kak A     : Ya, 1..2..3... *trus menggeleng-geleng
Intan        : Kenapa kak?
Kak A     : Kita ulang ya..1.. 2...3.. *geleng-geleng lagi
Intan        : Kenapa kak?
Kak A     : Kita ulang aja ya.. coba duduknya agak kedepan lagi. Ya. 1.. 2..3 *geleng-geleng lagi.
Intan        : *Senyumnya tinggal selebar cobek
Kak A     : Coba kepalanya miringin dikit, 1.. 2.. 3... *geleng-geleng LAGI
Intan        : Emang ada apa ya kak?
Kak A     : Ga ngerti nih..kita coba poto orang lain dulu ya..

Maka orang setelahku, yang ternyata adalah dosenku, masuk ke ruang poto. Ajaib nian, sekali take potonya langsung jadi, Sodara-sodara..

Kak A     : Ayo Intan kita coba lagi.. mungkin tadi kamera saya lagi heng. Oke ya, 1.. 2...3.. *menggeleng lebih keras dari  sebelumnya, karena frustasi kayaknya.
Intan        : *Mulai panik.. Aduh ada apa ya kak?
Kak A     : sensor matanya ga mau baca mata kamu..
Intan        : *Panik beneran. DUH, KENAPA MATA SAYAAA????

Muncullah si Temen SD yang mencoba memberi solusi..

Temen SD : Intan kecapekan kali matanya.. makanya ga kebaca sama sensornya.. kebanyakan kerja sih..coba deh ke toilet dulu, cuci muka, istirahat bentar trus balik lagi.

Pada saat itulah, dosenku yang lagi diambil cap jarinya dan orang-orang yang ngantri dibelakangku memandangku penuh kasihan, mungkin dalam benak mereka "Diapain ya si Intan sama Muslim Aid, sampe kecapekan kayak gitu..", saat itu aku merasa kayak korban kerja rodi yang kelelahan setengah mati dan bikin passport karena dideportasi.

Demi terciptanya sebuah poto passport, aku pun pergi ke toilet dan mencuci wajahku dengan sungguh-sungguh. Setelah ngaso 10 menit, aku masuk lagi ke ruang pemotretan dengan wajah super polos tanpa bedak sama sekali.

Kak A    : Kita coba lagi ya.. mudah-mudahan kali ini bisa. Senyum ya kak
Intan       : yeahh *senyum selebar sendok
Kak A    : 1...2....3.. HUWAAAAAA.. GA BISAAAAAA... *tereak frustasi
Intan       : HUWAAAAAAAAAA.... *Frustasi juga.
Bang B   : Coba sini sama saya aja, semoga sama saya bisa
Intan       : *Pindah tempat duduk
Bang B   : Simsalabim abrakadabra, 1.. 2.. 3.. *geleng-geleng
Intan       : *mata mulai gatel ni pengen nangis.
Bang B   : Sabar.. sabar.. jangan menyerah, calm down, tarik nafas 1..2...3. *geleng-geleng lagiiii
Intan       : Aduh kenapa ya ga bisa-bisa.. apa wajah saya segitu abstraknya?? *sediihhh..
Bang B   : Kayaknya salah jilbabnya dek, coba jilbabnya digeser dikit keatas lagi, dilebarin dikit lagi kesamping.
Intan       : *melaksanakan saran Bang B
Bang B   : Ya, 1...2..3.. Ya, ADDDOOOOHH.. KAGAK BISAAA JUGAAAA..

Seperti biasa, ditengah kehebohan, selalu ada pahlawan, temen SD muncul lagi (mencoba) memberi solusi

Temen SD : Tenang sodara-sodara.. kita panggil IT nya..

Beberapa menit kemudian, Bang IT pun tiba. Aku pun mengambil tempat di depannya. Karena udah capek senyum dan rada pesimis, aku pasang straight face aja di depannya.

Bang IT     : Oke, siap ya.. 1... 2... 3. Yup, berhasil.
Intan, Bang B, Kak A dan Temen SD : hhhhhaaaaaaaahhhhhhhh???????????? berhassiiiilll????????
Bang IT     : Iya, abisnya tadi blitz nya ga disesuaikan sih.. semakin eksotis (nah ini karanganku aja, sebenarnya dia mengungkapkan "eksotis" dengan kata lain) kulitnya, blitznya digeser ke kanan.. Nih udah jadi potonya.

Yaaaeeeelllaahh. Jadi, drama dan horor pemotretan selama hampir sejam itu adalah GARA-GARA BLITZ???? Bukan gara-gara mataku kelelahan atau jilbabku kurang lebar?? Yaeeelllaaaahhhhh...

Anyway beberapa menit kemudian si Temen SD memanggilku untuk verifikasi data. Dan disitulah sodara-sodara, di data itulah, muncul benda itu, benda yang akan kupakai selama 5 tahun kedepan, benda yang merupakan wujud karmaku karena marah-marah sama imigrasi setengah harian, benda yang menampilkan seseorang yang cocok banget jadi bintang iklan "Feed the poor, Empower Rural Women-End Hunger & Poverty" nya si Nanda.

Benda itu adalah potoku, hasil jepretan Abang IT tercinta, poto yang menunjukkan sesosok wajah coklat berminyak yang bedaknya ilang tersapu air, dengan poni mencuat akibat jilbab yang digeser-geser, plus bibir pucat yang membentuk garis lurus karena kecapekan senyum.

Dan gadis di poto itu my friend, adalah aku...

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com